Sejarah Lembaga Pengembangan Bisnis Pama Kite Gale (LPB PAKIGA)

Sebagai salah satu program inti dari CSR PAMA, Income Generating Activity adalah upaya untuk membantu peningkatan pendapatan masyarakat khususnya kegiatan UMKM yang ada di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat yang menjadi Wilayah Kerja PT. Pamapersada Nusantara site MTBU Tanjung Enim.  PT. Pamapersada Nusantara sebagai penanggung jawab program mengajak Yayasan Dharma Bhakti Astra yang telah berpengalaman dalam kegiatan-kegiatan Community Empowering untuk ikut serta sebagai operator di Lembaga Pengembangan Bisnis Pama Kite Gale.

Untuk itu di bentuklah suatu wadah dimana seluruh UMKM di rangkul dan diajak untuk berkembang secara lebih profesional demi kemandirian usaha. Upaya kita dalam mendukung pencapaian ini adalah mendesain program-program pelatihan, pendampingan, membantu memudahkan akses pemasaran juga memberikan pendampingan akses permodalan serta layanan informasi usaha.

Lembaga Pengembangan Bisnis Pama Kite Gale (LPB Pakiga) mulai beroperasi pada bulan Juni 2015 didirikan atas kerjasama PT Pamapersada Nusantara (PAMA) bekerjasama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Astra Internasional untuk memberikan pembinaan kepada Petani dan UMKM.  Diresmikan pada 5 Juni 2015 oleh Ir. H. Kahan Fakhri Adriansyah, M.Si (Project Manager PT PAMA Persada Nusantara Jobsite MTBU Tanjung Enim), bertempat di Kantor LPB Pakiga Jl. Cut Nyak Dien No. 28 RT 002 / RW 001 Kelurahan Tungkal, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Saat ini Kantor LPB Pama Kite Gale berada di Jln. Lingga Raya Dusun IV Desa Lingga no. 296 Kecamatan Lawang Kidul. Jumlah UMKM yang menjadi mitra binaan LPB Pakiga berjumlah 87 UMKM (Data bulan Oktober 2019) yang terdiri dari berbagai Sektor, antara lain Pertanian , Perikanan, Peternakan, Perkebunan, dan UMKM bidang Umum.