Pendampingan manajemen yang dilakukan oleh LPB PAKIGA ada beberapa macam yaitu membantu dalam hal pembukuan sederhana dalam usaha, assesment ukm mandiri, dan membantu meningkatkan kemampuan manajemen kelompok dan usaha.
Pendampingan pembukuan sederhana adalah membantu UMKM dalam menjalankan usahanya sehingga bisa memanajemen keuangan dengan baik dengan cara memisahkan uang usaha dengan uang pribadi dan juga selalu melakukan pencatatan tiap transaksi dan diserttai dengan bukti tertulis belanja (nota/kwitansi).

Assesment ukm mandiri adalah membantu ukm dalam menilai kemampuan usahanya sehingga dapat mengetahui tingkatan dari UMKM tersebut.  Dengan beberapa kriteria UMKM mandiri versi YDBA, UMKM diharapkan mampu mengelola usahanya dengan baik.  Adapun kriteria UMKM mandiri antara lain dinilai dari aspek:

  1. HRD/Manajemen Usaha
  2. Produksi
  3. Pemasaran
  4. Keuangan
  5. EHS & CSR

Manajemen kelompok atau dinamika kelompok adalah membantu UKM dalam menyusun struktur Organisasi dan juga membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam kelompok sehingga bisa menjadi kelompok yang kompak dan bersinergi.

Pendampingan Manajemen dilakukan untuk sektor :

  • Pendampingan Manajemen Usaha Pertanian
  • Pendampingan Manajemen Usaha Perikanan
  • Pendampingan Manajemen Usaha Peternakan
  • Pendampingan Manajemen Usaha Perkebunan
  • Pendampingan Manajemen Usaha UMKM Umum