Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

Bapak – Ibu yang kami hormati,

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) merupakan salah salah satu yayasan yang didirikan oleh pendiri Astra, Bapak William Soeryadjaya sebagai perwujudan cita-cita Astra “Sejahtera Bersama Bangsa”. YDBA bergerak di bidang pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Income Generating Activity (IGA) di Tanah Air.

Berbagai pembinaan UMKM dilakukan YDBA, mulai dari pelatihan, pendampingan, fasilitasi pasar hingga fasilitasi pembiayaan dengan tujuan mewujudkan UMKM Mandiri. Hingga Agustus 2016, YDBA telah membina 9.610 UMKM di bidang Manufaktur, Bengkel, Kerajinan serta Pertanian dan menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak 62.765 orang.

Pencapaian di atas menjadi tantangan bagi kami yakni bagaimana meningkatkan kualitas UMKM ke depan. Karena itu, YDBA terus melakukan ikhtiar untuk menyempurnakan  organisasi dan SDM, metode pembinaan dan membangun blue print pengembangan UMKM Mandiri.

Saat ini, YDBA juga tengah mengarahkan UMKM untuk aware terhadap dunia digital. Dimana para UMKM sudah tidak bisa lagi menghindari dunia tersebut dan harus memanfaatkan dunia  digital dalam mengembangkan bisnisnya. Hal ini juga mengacu pada bisnis yang tidak biasa atau “business not usual”, dimana para pelaku bisnis akan ketinggalan atau kalah dalam bersaing apabila mereka hanya menciptakan bisnis yang biasa saja. Mereka dituntut untuk melakukan terobosan dan melakukan improvement setiap saat, sehingga bisnis nya akan berjalan dengan sustain dan menjadi kebanggaan.

Bapak – Ibu yang kami hormati,

Untuk melakukan pembinaan di daerah, YDBA bersama Grup Astra telah mendirikan 16 Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) yang saat ini terdapat 12 LPB aktif yang kami bina di Mataram, Tegal, Yogyakarta, Palembang, Sidoarjo, Pontianak, Tapin Kalimantan Selatan, Paser Kalimantan Timur, Muara Enim – Sumatera Selatan, Sangatta Kalimantan Timur, Bontang Kalimantan Timur dan Semarang. Keduabelas LPB tersebut didirikan YDBA bersinergi dengan berbagai pihak baik Pemerintah, Swasta maupun Grup Astra.

Salah satu LPB yang didirikan YDBA bersinergi dengan Grup Astra, PT Pamapersada Nusantara adalah LPB Pama Kite Gale (PAKIGA) yang berada di Muara Enim, Sumatera Selatan. LPB yang diresmikan pada tahun 2015 ini telah menunjukkan perkembangan yang baik dalam mengembangkan UMKM di area binaan LPB. Hingga Oktober 2016, LPB PAKIGA telah membina 205 UMKM di bidang pertanian hortikultura, perikanan, perkebunan, peternakan, industri olahan makanan, warung serda ada (waserda) serta kerajinan.

Akhir Oktober 2016 lalu, LPB PAKIGA juga telah melakukan Kick Off Program Sektor Unggulan yang difokuskan pada UMKM Pertanian Budidaya Jamur Tiram. Sektor unggulan tak lain adalah komunitas UMKM yang menonjol secara ekonomi dan sosial yang dapat dijadikan panutan yang diharapkan dapat melakukan usaha dengan berkelanjutan, dimana tujuan dari sektor unggulan ini sebagai prasasti Hidup atas karya Astra di lokasi yang bersangkutan.

Dengan berbagai perkembangan yang ada pada LPB PAKIGA, kami berharap LPB ini dapat menjadi salah satu LPB yang bisa dijadikan contoh untuk LPB lainnya. Semoga LPB PAKIGA dapat menghasilkan UMKM-UMKM unggul di berbagai bidang untuk kemajuan ekonomi yang lebih baik.

Sukses terus untuk LPB PAKIGA !

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Jakarta, November 2016
Henry C. Widjaja
Ketua Pengurus YDBA